Tanda marka jalan

Mengenal Tanda Marka Jalan di Indonesia

Anda pasti sudah mengetahui bahwa wajib hukumnya bagi setiap pengendara untuk mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas. Sayangnya, beberapa dari mereka masih menyepelekan keberadaan tanda marka jalan yang bahkan sering mereka temui.

Padahal, perlu Anda ketahui bahwa marka jalan sama pentingnya dengan rambu-rambu bergambar yang biasa Anda lihat di tepi jalan. Karena, marka pada jalan memiliki fungsi yang sangat penting dan akan Anda butuhkan sebagai pengendara.

Seputar Tanda Marka Jalan

Mungkin sebagian dari Anda masih merasa asing dengan yang namanya marka jalan. Padahal, marka jalan bisa saja Anda lewati setiap harinya.

Marka jalan adalah garis-garis cat yang berada di atas aspal, baik pada bagian tengah maupun tepi jalan. Marka biasanya terdapat di jalan-jalan nasional hingga jalan-jalan besar lainnya. Warna dari marka sendiri cukup beragam, ada warna putih, kuning, bahkan merah.

Bukan sebagai hiasan atau sekadar penanda jalan saja, ternyata marka memiliki fungsi yang sangat penting bagi setiap pengendara. Bahkan, marka jalan juga dikenal sebagai penjelas atau pelengkap rambu-rambu lalu lintas.

Fungsi dari marka jalan sendiri akan berbeda setiap jenisnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui jenis-jenis marka jalan beserta fungsinya berikut ini:

  • Marka Melintang

Jika Anda berada di jalanan perkotaan, maka tidak menutup kemungkinan untuk Anda bertemu dengan marka jenis ini. Tanda marka jalan ini biasanya berupa garis melintang utuh yang berada di lampu merah dan menjadi pembatas untuk kendaraan agar berhenti di belakang garis tersebut.

Baca Juga :   Wajib Tahu! Inilah Bentuk Marka Jalan dan Artinya

Selain itu, bentuk lain dari marka melintang juga yaitu garis putus-putus dengan fungsi yang hampir sama. Sebagai pengendara, Anda harus berhenti sebelum menginjak garis tersebut sebagai bentuk mempersilakan penyeberang untuk menyeberang jalanan.

  • Marka Membujur Utuh

Anda pasti sangat sering melihat garis panjang membentang di tengah jalan. Jika garis tersebut tidak putus-putus, maka biasanya disebut sebagai marka membujur garis utuh. Marka tersebut berfungsi untuk mengingatkan Anda sebagai pengendara agar tidak saling mendahului kendaraan lainnya.

Tujuan dari adanya marka tersebut yaitu untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan akibat menyalip kendaraan lain di daerah rawan, seperti turunan, tikungan, dan lainnya. Garis marka seperti ini juga biasanya ada di tepi jalan yang bertujuan untuk menunjukkan tepi jalan kepada pengendara.

  • Marka Membujur Putus-putus

Jika sebelumnya marka berbentuk garis utuh yang berada di sepanjang jalan, berbeda dengan marka membujur putus-putus yang sesuai namanya bergaris putus-putus. Meski hampir sama, tentu saja kedua marka tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Bagi Anda yang tengah melintasi jalan dengan marka garis putus-putus, maka Anda diperbolehkan untuk saling mendahului dengan catatan tetap berhati-hati. Biasanya, tanda marka jalan yang satu ini juga menjadi penanda bahwa Anda akan menemukan marka garis utuh di bagian depan.

  • Marka Membujur Ganda

Di jalanan yang lebih besar, Anda mungkin akan menentukan jenis marka ini. Marka ini berupa dua marka yang berada dalam satu jalan dan berbentuk garis membujur utuh dengan garis membujur utuh, atau berbentuk garis membujur utuh dengan garis putus-putus.

Jika Anda berada di bagian marka ganda dengan garis utuh, maka Anda boleh melewati kendaraan di depan Anda. Namun, jika Anda berada pada bagian marka bergaris utuh, maka Anda tidak boleh melakukan hal tersebut, begitu juga jika kedua garis marka berbentuk garis utuh.

Baca Juga :   Daftar Harga Marka Jalan Per Meter termurah di Rumah Aspal

Kontraktor Marka Jalan Profesional

Melihat pentingnya marka pada jalan raya, maka Anda harus betul-betul dalam memilih jasa kontraktor pemarkaan jalan. Anda perlu menggunakan jasa profesional yang telah mengerti tentang aturan marka jalan.

Salah satu jasa marka jalan yang bisa Anda andalkan yaitu jasa dari Rumah Aspal. Kami merupakan kontraktor marka jalan berkompeten sehingga dapat mengerjakan tanda marka jalan sesuai dengan prosedur dan hukum yang berlaku.

Tidak perlu ragu, Anda bisa langsung menggunakan jasa kami karena kami memiliki segudang keunggulan, di antaranya:

  • Berpengalaman

Kami merupakan jasa marka yang telah mengantongi segudang pengalaman. Kami bahkan telah mengerjakan banyak sekali proyek pemarkaan yang bisa Anda lihat sendiri di web resmi kami yaitu rumahaspal.com.

  • Free Konsultasi dan Survei

Bagi Anda yang bingung dan belum memahami betul tentang marka jalan dan artinya, Anda bisa berkonsultasi bersama kami terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan. Tidak perlu khawatir, kami menyediakan jasa konsultasi dan survei tanpa memungut biaya apapun.

  • Bergaransi

Berbeda dari penyedia jasa lainnya, kami merupakan jasa marka jalan bergaransi yang akan membuat Anda puas dengan hasil pekerjaan kami. Anda tidak perlu khawatir marka Anda tidak sesuai harapan Anda karena kami menawarkan berbagai keuntungan bagi Anda.

Selain keunggulan-keunggulan di atas, kami juga merupakan penyedia jasa yang memiliki wilayah kerja cukup luas yaitu di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, hingga Semarang. Kami bahkan menyediakan layanan lain seperti jasa pengaspalan jalan hingga sewa alat berat.

Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda hendak membuat tanda marka jalan dan membutuhkan bantuan profesional, maka Anda bisa segera menghubungi kami pada nomor yang tertera di web resmi milik kami yaitu rumahaspal.com.

Baca Juga :   Mesin Marka Jalan Terbaik, Ini 4 Macamnya