Marka melintang

Pengertian Marka Melintang dan Jenisnya Wajib Kita Ketahui!

Marka jalan adalah bagian dari peraturan lalu lintas yang kerap Anda lihat di jalanan. Namun, mungkin sebagian dari Anda kurang memperhatikan secara detail tentang jenis dan artinya. Seperti halnya marka melintang yang memiliki jenis dan arti sendiri-sendiri.

Mengenali jenis marka dan artinya, penting untuk Anda ketahui agar semua pengguna jalan dapat terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Berikut beberapa jenis marka dengan bentuk melintang dan artinya yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Marka Melintang?

Untuk lebih memahami terkait marka ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud marka garis melintang? Marka ini memiliki bentuk lurus sesuai dengan sumbu jalan. Bentuk marka jalan ini memiliki maksud untuk menjaga ketertiban lalu lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Marka bentuk melintang ini memiliki fungsi dan arti yang berbeda sesuai dengan bentuk dan penempatannya. Pada dasarnya, marka bentuk melintang yang ada di jalan terdiri dari marka garis lurus atau marka putus-putus.

Karena memiliki fungsi yang cukup penting untuk menjaga kelancaran lalu lintas, pembuatan marka jalan harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya berkualitas.

Jasa pembuat marka berkualitas yang dapat Anda pertimbangkan salah satunya adalah rumahaspal.com. Selain kualitas, jasa ini juga memiliki penawaran terbaik.

Baca Juga :   Jasa Pengecatan Marka Jalan Jogja
Marka melintang

Jenis dan Aturan Marka Bentuk Melintang

Anda mungkin mengenali satu atau dua marka bentuk melintang. Namun, sebenarnya ada beberapa marka jalan dan fungsinya yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis marka jalan melintang yang patut diketahui oleh semua pengguna jalan.

Melintang Garis Utuh

Marka jenis ini memiliki bentuk berupa garis utuh yang biasanya berada di jalan aspal. Tanda ini sebagai lambang batas tempat berhentinya kendaraan. Biasanya, rambu ini berada di dekat traffic light. Traffic light merupakan rambu lalu lintas ini pastinya paling sering Anda jumpai di jalan umum.

Marka jenis ini bisa berupa rambu berhenti, tempat penyeberangan untuk pejalan kaki dan zebra cross. Tanda ini selalu ada di depan tempat layanan umum seperti rumah sakit atau sekolahan. Bahan untuk pembuatan marka sendiri sudah ada aturannya.

Untuk pembuatan marka yang kami kerjakan, bahan yang kami perlukan akan selalu tersedia karena mengambil langsung dari pabrik. Jadi tidak ada alasan keterlambatan pembuatan lantaran bahan yang belum tersedia. Proses pengerjaan marka yang kami lakukan juga lebih cepat dari jasa lainnya.

Melintang Garis Putus-Putus

Bentuk marka jalan melintang lain yang sering pengguna jalan jumpai adalah yang berbentuk garis putus-putus. Lalu, apa fungsi marka jalan melintang bentuk garis putus? Tanda lalu lintas ini berguna sebagai pengingat adanya batas yang tidak boleh kendaraan lalui.

Marka jalan melintang garis putus ini akan banyak Anda jumpai di persimpangan jalan. Fungsinya sangat penting sebagai pengingat bagi pengguna jalan untuk lebih pelan dan memperhatikan rambu yang ada di sekitar mereka. Untuk itu, ketepatan bentuk dan ukuran sangat perlu dalam hal ini.

Pembuatan marka yang berkualitas membutuhkan planning dan survei lokasi. Kami menyadari pentingnya keakuratan marka ini sehingga memberikan konsultasi dan survei secara gratis pada tiap proyek pengerjaan marka.

Baca Juga :   Mengenal Tanda Marka Jalan di Indonesia

Marka Lambang

Marka lambang ini biasanya berupa bentuk segitiga atau lainnya. Jenis marka lambang ini akan terpasang sebelum adanya marka jalan melintang garis putus-putus. Marka ini berguna untuk melengkapi rambu yang sudah ada. Selain itu, juga untuk menegaskan peraturan lalu lintas yang diterapkan di jalan.

Marka garis melintang dengan lambang ini juga memiliki arti penting dalam mencegah kecelakaan lalu lintas. Dalam pengerjaannya, jasa pembuat marka akan membutuhkan warna dan gambar yang jelas.

Untuk proyek marka jalan dari kami, sudah pasti akan bisa memenuhi standar ini karena pekerja yang melakukan pemarkaan merupakan tim yang telah berpengalaman.

Kenapa Kualitas Marka Jalan Penting?

Setiap marka jalan yang ada di jalan raya memiliki aturan tertentu, baik bentuk dan ukurannya. Aturan ini telah paten dalam peraturan pemerintah terkait marka jalan. Seperti halnya garis melintang ini juga ada aturan dalam pembuatannya.

Pada marka jalan melintang garis putus-putus memiliki aturan panjang dengan minimal 60 cm dengan lebar 20 cm. Marka garis putus-putus ini juga harus memiliki jarak antar marka sebesar 30 cm. Ketepatan dalam pengukuran sangat penting untuk menjadi perhatian.

Mengingat fungsinya sebagai pendukung rambu lalu lintas yang ada, kualitas pembuatannya harus mumpuni. Baik warna, bentuk dan ukuran juga harus tepat. Untuk memenuhi standar pembuatan sesuai ketentuan ini, Anda bisa mempercayakan pada jasa marka jalan dari Rumah Aspal

Kami juga memberikan penawaran terbaik lebih dari jasa lainnya. Selain itu, pengerjaan dilakukan dengan menggunakan peralatan dan metode terbaik yang mendukung proses pengerjaan lebih cepat.

Area pengerjaan juga tersedia di beberapa kota / wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Semarang.

Baca Juga :   Pengertian Garis Marka, Bentuk dan Pentingnya dalam Berkendara di Jalan

Marka melintang sebagai bagian rambu lalu lintas memang harus memiliki kualitas terbaik Sebagai jasa pembuatan marka yang sudah berpengalaman, kami memberikan garansi pada pengerjaan proyek.

Bagi Anda yang mencari jasa pengerjaan marka jalan, maka Anda bisa segera menghubungi kami secara langsung.

Pertanyaan Umum Tentang Marka Melintang

Anda dapat menemukan marka melintang di seluruh jalan, termasuk jalan raya, jalan perkotaan, dan jalan di dalam kompleks perumahan. Mereka digunakan untuk mengatur lalu lintas, menunjukkan zona berhenti, dan memberikan petunjuk arah.

Marka melintang biasanya berwarna putih dan terdiri dari garis-garis lurus yang melintang jalan. Garis putih sejajar menunjukkan batas jalan, sedangkan garis putih melintang menandai zona berhenti atau perlintasan pejalan kaki.

Tujuan utama marka melintang adalah untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dengan memberikan petunjuk kepada pengemudi, mengatur aliran lalu lintas, dan mencegah tabrakan.

Ya, pengemudi harus mematuhi aturan yang terkait dengan marka melintang, seperti berhenti di zona berhenti dan memberi hak prioritas kepada pejalan kaki di perlintasan. Melanggar aturan marka melintang dapat mengakibatkan pelanggaran lalu lintas.

Phone
Whatsapp