Mengetahui Lebih Dalam Tentang Marka Jalan dan Fungsinya

Saat ini tidak banyak orang yang mengetahui tentang marka jalan dan fungsinya khususnya bagi para pengendara. Padahal, marka jalan menjadi bagian yang penting dalam aktivitas berkendara baik di jalanan atau di atas jalan tol.

Bagi para pengemudi pastinya fasilitas berupa marka jalan sudah sering bahkan akrab mereka lihat. Akan tetapi, tak semua pengguna kendaraan baik motor ataupun mobil mengerti terkait jenis-jenis marka jalan dan fungsinya.

Marka Jalan dan Fungsinya

Marka jalan adalah bagian dari keberadaan rambu lalu lintas yang berbentuk gambar garis mulai dari membujur, melintang dan serong. Adapun manfaat marka jalan ini adalah untuk mengarahkan arus kendaraan bermotor saat berkendara.

Sayangnya, tak semua pengendara memperhatikan keberadaan marka jalan itu sendiri. Padahal, dalam Peraturan Menteri Perhubungan menyebut marka jalan begitu penting. Bahkan keberadaan marka jalan lebih jauh bisa menekan potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Dalam beleidnya, ada lima jenis marka jalan serta fungsinya yang berbeda masing-masing. Berikut adalah rincian dari marka jalan serta manfaatnya untuk para pengendara.

  • Marka Membujur Utuh

Jenis yang pertama ada marka membujur utuh, yaitu tanda lalu lintas berbentuk garis lurus dan tergambar tepat di bagian tengah permukaan jalan raya. Marka membujur utuh memiliki fungsi yakni jika berada di tengah jalan menjadi larangan untuk kendaraan melintasi garis tersebut.

Baca Juga :   Jasa Pengecatan Marka Jalan Banten

Selain itu, jika keberadaannya di tengah maka marka satu ini berfungsi sebagai pembagi lajur kendaraan. Akan tetapi apabila terletak di pinggir jalan, maka marka membujur utuh berfungsi sebagai tanda peringatan bagian tepi jalur lalu lintas.

Makna dari garis putih lurus yaitu pengendara tidak boleh mendahului kendaraan lain dan berada tetap di jalur mereka masing-masing.

  • Marka Putih Membujur Putus-putus dan Utuh

Jenis marka jalan dan kegunaannya yang berbeda berikutnya adalah marka jalan ganda berupa garis utuh dan putus-putus. Umumnya, marka tersebut Anda temukan di jalanan perkotaan. Kalau Anda menemukan rambu tersebut, maka artinya bisa dua hal berbeda.

Pertama yaitu jika Anda berkendara di sisi garis putus-putus, maka mobil boleh pindah jalur menuju sisi sebelahnya. Arti kedua yakni apabila posisi mobil berada di sisi garis putih yang berbentuk lurus utuh artinya Anda tak boleh berpindah jalur.

  • Marka Putih Membujur Putus-putus

Ada juga marka membujur garis putus-putus yang berfungsi sebagai pembatas serta pembagi jalur. Fungsi lainnya yaitu peringatan terdapat marka membujur garis utuh di bagian depan serta pengarah lalu lintas.

Tak jarang, jenis satu ini menjadi marka jalan segitiga pasalnya terkadang bisa digantikan sementara dengan bentuk kerucut lalu lintas atau cone. 

  • Marka Putih Membujur Ganda Utuh 

Contoh marka jalan selanjutnya ada garis membujur utuh yang biasanya berguna sebagai pengatur lalu lintas kendaraan di rute utama lintas kota tanah air. Pemakaian garis utuh tersebut yaitu tanda bahwa kendaraan dari dua jalur berlawanan tak boleh melintasi garis ganda itu.

Hal ini mengartikan mau dari sisi mana saja Anda berkendara, tidak boleh sama sekali menyalip kendaraan yang ada di depan serta tetap berada pada jalur yang sekarang.

  • Putih Melintang Garis Utuh

Ada juga marka melintang yang menjadi tanda dalam rambu-rambu lalu lintas. Fungsi dari marka tersebut bisa untuk sejumlah hal. Contohnya saja garis utuh melintang yang menjadi tanda kawasan penyeberang jalan, rambu berhenti atau zebra cross.

Baca Juga :   Mengenal Marka Membujur Beserta Penggunaannya

Karena itulah jenis ini kerap orang sebut sebagai marka jalan stop. Jika Anda menemukan garis melintang tepat di lampu rambu lalu lintas mengartikan itu adalah garis berhenti sehingga mobil harus berhenti bahkan sebelum tiba di garis tersebut.

marka jalan dan fungsinya

Jasa Marka Jalan Termurah dan Terbaik

Karena keberadaan marka jalan sangatlah penting untuk para pengendara, pembuatannya pun harus menggunakan jasa terpercaya. Jika Anda tengah mencari penyedia layanan pengecatan marka jalan, maka Anda tak perlu merasa bingung.

Pasalnya, saat ini ada jasa Rumah Aspal yang akan melayani pembuatan marka jalan berkualitas terbaik dan harganya pun cukup terjangkau.

Berikut ada sejumlah alasan mengapa Anda harus menggunakan Rumah Aspal sebagai jasa pengecatan marka jalan bergaransi dan pastinya terpercaya.

  • Bahan baku dari pabrik

Bahan baku yang jasa ini gunakan adalah bahan berkualitas unggulan dan siap mereka gunakan kapan dan di mana saja. Sehingga Anda tak perlu khawatir lagi tentang ketersediaan bahan baku utama lantaran semuanya tersedia melimpah.

  • Penawaran Menguntungkan

Sebelum Anda menggunakan jasa dari Rumah Aspal, maka bisa mempersiapkan beberapa hal penting terlebih dahulu. Pasalnya Rumah Aspal menyediakan layanan gratis konsultasi, free survey bahkan bergaransi.

  • Jasa Marka dengan Kawasan Fleksibel

Membuat marka jalan serta fungsinya yang maksimal oleh Rumah Aspal tidak hanya dilakukan di daerah tertentu saja. Pasalnya, area layanan mereka mencakup Jabodetabek, kota Bandung serta kawasan sekitarnya. Bukan hanya itu cakupannya pun terbilang fleksibel.

Itulah informasi lengkap tentang marka jalan dan fungsinya yang penting Anda ketahui dan membuatnya dengan baik bersama Rumah Aspal.