Cara Mengecor Jalan Beton

Cara Mengecor Jalan Beton untuk Menghasilkan Jalan yang Kokoh

Membuat jalan beton di area yang luas akan menguntungkan pengendara dengan kendaraan besar dan menampung muatan yang cukup banyak serta berat. Tingkat ketahanan jalan beton membuat jalan ini jarang mengalami kerusakan. Tahukah Anda bagaimana cara mengecor jalan beton hingga jadi jalan kokoh?

Pembuatan jalan beton tentunya melewati serangkaian proses yang mungkin rumit bagi orang awam. Namun, bagi pekerja yang sudah berpengalaman tentunya menganggap hal tersebut mudah sebab terbiasa. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, simak pembahasannya berikut ini.

Langkah-Langkah Cara Mengecor Jalan Beton

Pengecoran jalan desa atau kota tentunya melewati beberapa tahapan langkah. Apalagi jalan beton mempunyai daya tahan menampung kendaraan berat yang melintas di atasnya. Nah, simak baik-baik tahapan cara membuat jalan beton mulai dari awal.

  • Mempersiapkan Bahan dan Mesin

Pertama-tama, pihak jasa kontraktor akan menyediakan bahan baku untuk mengecor jalan tol. Selain itu, Anda perlu mengecek mesin-mesin. Periksa apakah masih berfungsi dengan baik sehingga proses pengecoran jalan beton dapat berjalan lancar tanpa hambatan. 

Rumah Aspal akan berusaha menyiapkan bahan-bahan material yang Anda butuhkan serta memeriksa mesin yang akan Anda gunakan untuk mengecor jalan. Setelah semua bahan dan mesin siap, maka Anda bisa melaju ke langkah selanjutnya.

  • Meratakan Permukaan Jalan

Lokasi pembangunan jalan harus bersih terlebih dahulu dari barang-barang yang kemungkinan dapat menghambat proses. Misalnya seperti bebatuan besar, kayu, dan lain sejenisnya. Jika Anda biarkan, material tersebut dapat memengaruhi kepadatan lapisan beton. 

Baca Juga :   5 Keuntungan Menggunakan Jasa Pengecoran Jalan Bekasi

Setelah permukaan jalan bersih, tim pekerja akan memadatkan permukaan tanah yang nantinya dibuat jalan. Saat memadatkan tanah, atur ketinggian dan jangan sampai ada lapisan yang lebih miring. Sebisa mungkin lapisan tanah Anda buat merata agar pengendara jalan dapat melalui jalan dengan nyaman. 

  • Membuat Pondasi Beton

Setelah jalan diratakan, cara mengecor jalan beton selanjutnya yaitu dengan menambah pondasi. Lokasi jalan tertarget akan diberikan tambahan pondasi berupa tanah urugan. Tanah urugan ini berfungsi sebagai pondasi yang berlapis-lapis hingga mencapai ketebalan tertentu. 

Penambah fondasi bertujuan untuk memperkokoh permukaan tanah agar makin kuat. Tim pekerja dari Rumah Aspal akan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. Pengerjaan pengecoran jalan akan kami garap maksimal.

  • Landasan Cor Beton

Pada tahap ini, lapisan pondasi sebelumnya akan tertutup dengan hamparan plastik. Tujuannya yaitu sebagai landasan cor beton untuk mencegah air yang berasal dari cor beton agar tidak sampai meresap ke dalam tanah pondasi. 

Tahap ini akan membuat terbentuknya lapisan jalan beton yang kuat dan kokoh untuk dilalui pengendara dengan muatan berat. 

  • Pemasangan Rangka Beton

Anda perlu memasang pembesian jalan beton sebagai kerangka beton. Besi-besi yang dibuat kerangka ini disiapkan dalam jumlah tertentu dan dipakai untuk pengikat wiremesh sekaligus memberikan batasan pada lapisan atas dan bawahnya. 

cara mengecor jalan beton

  • Pengecoran Beton

Cara mengecor jalan beton ada dua proses yaitu cara cor jalan manual dan menggunakan mesin. Pengecoran manual menggunakan tenaga manusia sedangkan pengecoran mesin artinya menggunakan tenaga mesin meski yang mengontrol adalah manusia. 

Adukan beton dari Rumah Aspal mempunyai kualitas yang baik. Perhatikan waktu yang tepat untuk mengecor jalan yaitu ketika cuaca sedang cerah. Sebab matahari yang bersinar terang akan membantu proses pengeringan beton menjadi lebih cepat. 

Baca Juga :   Jasa Pengecoran Jalan Tangerang Terbaik

Anda bisa menutup permukaan beton menggunakan plastik bila pengecoran sudah selesai. Tujuan dari kegiatan ini agar pengerasan bisa terbentuk maksimal. Setelah mengeras, gundukan-gundukan kecil pada permukaan beton perlu Anda haluskan supaya jalan lebih nyaman untuk Anda lintasi. 

  • Proses Pemadatan Beton

Meski proses pengecoran jalan selesai, bukan berarti jalan bisa langsung pengendara gunakan. Perlu adanya sebuah percobaan untuk memastikan bahwa jalan beton yang ada punya daya tahan yang cukup kuat untuk menampung kendaraan yang lewat. 

Mengapa Memilih Jasa Rumah Aspal?

Rumah Aspal merupakan jasa kontraktor pengaspalan jalan, pengecoran jalan beton, sewa alat berat, marka jalan, dan lain-lain. Kami siap membantu Anda dalam urusan pembangunan jalan terutama bagi yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Semarang. 

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari memakai jasa kami untuk mengecor jalan. Kami menyediakan layanan konsultasi gratis melalui kontak yang tertera pada halaman website kami rumahaspal.com. Kami juga siap melakukan survey langsung menuju lokasi Anda. 

Jangan khawatir soal garansi, Rumah Aspal memberikan Anda jaminan berupa garansi. Selain itu, bahan baku yang kami gunakan untuk mengecor jalan berasal dari material berkualitas baik. Kami mempunyai tim yang siap melayani Anda mengerjakan proyek pembangunan jalan dan dapat selesai sesuai tenggat waktu. 

Tahapan cara mengecor jalan beton kurang lebih gambaran sederhananya seperti yang ditulis di atas. Anda bisa menyewa jasa Rumah Aspal untuk mengecor jalan yang ingin diubah memakai material beton agar lebih kuat dan tahan dilalui kendaraan dengan muatan berat.