Peraturan marka jalan

Panduan Berkendara dengan Peraturan Marka Jalan 

Marka jalan adalah hal yang harus ada di jalan. Hal ini dikarenakan marka jalan memiliki fungsi yang penting sebagai petunjuk lalu lintas. Marka juga tidak sembarangan dibuat, melainkan sesuai dengan peraturan marka jalan yang berlaku. 

Anda bisa menemui marka jalan di berbagai tempat seperti jalan raya, jalan tol, jalan desa, lahan parkir, ataupun jalanan di sekitar tempat-tempat umum seperti tempat pemberhentian bus. Marka ini dibuat dengan berbagai bentuk yang masing-masing memiliki arti.

Pengertian Marka Jalan

Sebelum memahami apa saja peraturan marka jalan, Anda harus memahami lebih dulu apa arti dari marka jalan. Marka jalan merupakan sebuah tanda atau lambang yang dibuat pada permukaan jalan menggunakan alat tertentu dengan bentuk tertentu dan memiliki fungsi tertentu.

Marka sendiri ada yang berbentuk garis lurus, garis serong, dan juga lambang-lambang yang dibuat oleh profesionalnya marka jalan. Biasanya pengadaan marka dilakukan oleh pemerintah setempat seperti desa ataupun kabupaten. 

Lahan parkir juga termasuk salah satu daerah yang memiliki marka. Keberadaan peraturan marka jalan ini mempermudah lalu lintas pada daerah-daerah tertentu dengan kepentingan lalu lintas yang padat. 

Ukuran Marka Jalan

Dengan berbagai jenis marka jalan, ada aturan yang harus dipenuhi dalam pembuatannya. Hal ini terkait dari ukuran marka jalan. Negara Indonesia sendiri telah mengatur untuk pembuatan marka jalan dengan panjang paling sedikitnya adalah 60 cm dengan lebar paling pendeknya adalah 20 cm.

Oleh karena marka jalan adalah pelengkap dari jalan, maka    keberadaan marka diharuskan utamanya pada jalan yang memiliki kepadatan lalu lintas yang tinggi. Jika saja marka jalan tidak ada, tentu hal-hal seperti macet, benturan, bahkan kecelakaan akan terjadi dan lalu lintas pun jadi tidak teratur. 

Baca Juga :   Marka Jalan di Lampu Merah dan Area Jalanan Lainnya

Beberapa Peraturan Marka Jalan 

Anda perlu memahami apa saja jenis marka jalan berikut artinya, berikut penjelasannya:

  • Marka Garis Melintang 

Marka ini juga bisa Anda sebut dengan Zebra Cross. Fungsi dari zebra cross adalah sebagai tempat untuk penyeberangan bagi pejalan kaki ataupun pedestrian. Anda bisa menjumpai zebra cross di tempat yang ramai seperti rumah sakit, pasar, universitas, dan juga lampu merah.

  • Marka Garis Utuh

Marka garis utuh menandakan Anda tidak boleh untuk mendahului kendaraan di depan Anda ataupun tidak boleh melewati garis tersebut. Jenis marka menyambung utuh ini sebagai pembatas yang menginformasikan waspada. Biasanya ada pada tikungan, menurun, ataupun belokan.

  • Marka Putus-Putus

Berbeda dengan marka sebelumnya, peraturan marka jalan putus-putus ini memberikan Anda kebolehan untuk mendahului kendaraan di depan Anda dengan tetap mengutamakan keselamatan. Asalkan lajur kosong, Anda boleh mendahului. 

  • Marka Garis Ganda

Marka garis ganda dengan marka sambung dan putus berarti jika Anda berada pada daerah garis sambung, maka Anda tidak boleh mendahului kendaraan lain. Sedang jika Anda di posisi garis putus-putus, maka Anda boleh menyalip apabila lajur kosong. 

Sedangkan untuk marka ganda yang keduanya sambung, artinya tidak boleh ada kendaraan yang boleh saling mendahului. Anda harus berada pada jalur Anda hingga menemui marka baru. 

  • Marka Kuning

Marka ini ada di persimpangan padat arus lalu lintas dengan wujud garis marka kuning berbentuk persegi. Peraturan marka jalan ini menginformasikan bahwa Anda tidak boleh berhenti di dalam kotak kuning guna mencegah adanya kemacetan lalu lintas. 

Nah, Anda sudah memahami bukan sekarang, bagaimana pentingnya marka jalan? Untuk itu, pembuatan marka jalan juga harus kitapercayakan kepada tenaga profesional yang memahami keberadaan marka. Rumah Aspal adalah rekomendasi bagi Anda untuk pengecatan marka jalan terbaik dan terapi. 

Baca Juga :   Jasa Marka Jalan Bekasi Profesional dan Bergaransi

Jasa kami atau rumahaspal.com adalah kontraktor profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun perihal pengaspalan. Rumah Aspal sudah banyak mengerjakan proyek jasa pengaspalan di berbagai daerah di Indonesia dan sudah memahami berbagai peraturan marka jalan. 

Daerah proyek Rumah Aspal meliputi Semarang, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Jakarta, Bandung, dan juga daerah sekitarnya. Area kami sangat luas dan berbagai proyek kontraktor sudah pernah kami tangani. 

Kelebihan Rumah Aspal

Memilih Rumah Aspal sebagai solusi pengaspalan tidak akan merugikan Anda, hal ini karena kami memiliki beberapa kelebihan, yakni:

  1. Gratis untuk Anda konsultasi sekaligus survey lokasi. 
  2. Ada garansi untuk setiap pengerjaan proyek di Rumah Aspal.
  3. Area fleksibel hingga ke daerah yang sulit bahkan pada jalanan desa.
  4. Tenaga profesional yang sudah terbiasa menangani permasalahan pengaspalan.
  5. Bahan berkualitas dan melimpah karena langsung ambil dari pabrik.
  6. Pengerjaan rapi dan juga cepat, sesuai dengan tenggat waktu.
  7. Kami menggunakan alat yang sudah modern sehingga hasil marka jalan lebih stabil dan awet. 
  8. Penawaran terbaik dengan berbagai kelebihan masing-masing. 
  9. Admin ramah dan cepat respon.
  10. Komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan terbaik serta disiplin kerja yang berkualitas. 

Jika Anda ingin memulai konsultasi, Anda bisa menghubungi nomor admin yang tertera pada website rumahaspal.com untuk mendapatkan penjelasan lebih detail terkait peraturan marka jalan sekaligus pengerjaan proyek yang bagaimana untuk hasil terbaik.

 

Phone
Whatsapp